Ban mobil adalah salah satu bagian yang mempunyai peran sangat krusial bagi kendaraan roda 4 ini. Mungkin bagi kita selaku pemiliki mobil kebanyakan kurang paham soal tekanan ban yang pas bagi mobilnya itu sendiri.

Padahal jika hal tersebut kita perhatikan, pastinya bisa memberikan kenyamanan saat Anda melaju berkendara.

Kami kali ini akan berbagi tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengukur tekanan ban bagi mobil kesayangan Anda nanti kedepan.

Simak rangkuman singkat kami sebagai berikut.

Alat Pengukur Tekanan yang Praktis

Berkat kemajuan zaman dan teknologi saat ini, sebenarnya Anda cukup mudah untuk mengukur tekanan yang ada pada ban mobil. Sudah tersedia di pasaran alat pengukur digital maupun analog yang bisa Anda peroleh saat ini.

Tapi, yang perlu Anda ingat khususnya bagi alat pengukur tekanan ban analog. Adalah meter atau posisi jarum yang harus berada tepat dalam hitungannya.

Jika Anda melilih alat tekanan yang digital. Mungkin ini akan sedikit lebih mudah. Karena alat yang satu ini hanya menunjukan berapa jumlah tekanan yang Anda dalam ban mobil Anda.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Pertama adalah dengan membuka tutup pentil yang Anda pada ban mobil Anda. Lalu pasang kan selang yang terhubung dengan alat pengukur. Baik itu alat yang digital atau analog.

Dalam memasang selang penguhubung, sebaiknya juga Anda pastikan bahwa selang yang satu ini memang terpasang secara rapat. Hal ini agar menghindari udara yang ada di dalam ban terbuang percuma.

Jika tekanan ada dalam ban melebihi kapasitas yang seharusnya. Maka, Anda tinggal membuangan udaranya sedikit demi sedikit. Tapi jika sebaliknya yakni, tekanan udara dalam keadaan kurang. Mau tidak mau Anda harus menambahkan tenakan udara pada ban tersebut.

Perlu Anda ingat bahwa setiap mobil memiliki standar tekanan ban yang berbeda-beda. Semua ini tergantung dari jenis mobil apa yang Anda miliki.

Buku panduan mobil bisa sangat membantu dalam urusan ini untuk hitungan pasti.

Seperti yang kita ketahui bahwa jenis mobil SUV misalnya saja memiliki standar tekanan mulai dari 35-40 PSi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *